Top Tables Pantry List Recommendation

Sudah hampir dua bulan kita berada di rumah. Bingung ingin masak apa? Kuncinya hanya satu: Persenjatai dirimu dengan bahan-bahan baku yang esensial.


Aneka bahan pantry | Unsplash

Oleh Top Tables


Di masa pandemi seperti ini, berbelanja bahan makanan tentulah butuh strategi. Jangan sampai bahan makanan akhirnya jadi membusuk karena tidak terpakai, ataupun ketika kita ingin memasak sesuatu, malah ada bahan yang tak tersedia sehingga membuat kita harus pergi keluar kembali. Memasak sendiri di rumah pun sudah menjadi pilihan sebagian besar dari kita. Tidak hanya membuat kita lebih berhemat, tetapi juga mengurangi rasa was-was jika dibandingkan membeli makan dari luar.


Lebih baik jika Anda bisa menyimpan bahan- bahan makanan yang mempunyai shelf-life lebih tinggi. Misalnya seperti makanan yang dikeringkan, bumbu siap saji, ataupun makanan beku. Beberapa produk seperti truffle oil, juga bisa untuk menyediakan masakan ala gourmet di rumah


Beberapa waktu lalu tim Top Tables bertanya kepada pembaca secara daring melalui Instagram Stories mengenai bahan makanan apa saja yang wajib disimpan di rumah di masa pandemi. Dan berikut adalah Pantry List rekomendasi dari kami, yang dapat menjadi senjata untuk Anda terus menyajikan masakan lezat di rumah. Psst, tentu saja bahan-bahan di bawah ini diluar bahan baku standar seperti garam, susu full cream, minyak goreng, terigu, gula hingga bawang-bawangan ya yang memang sudah wajib dimiliki tiap dapur di Indonesia. Selamat berbelanja!


BAHAN MAKANAN SEGAR


1.Kentang

Ya, kentang. Karbohidrat yang satu ini dapat Anda kreasikan dengan segala macam bentuk, dimasukkan segala macam rasa, dan dimasak dengan berbagai macam cara - creativity is the limit. Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk masakan aneka rasa seperti kentang balado dari Indonesia, kentang panggang di dalam oven dengan rosemary atau daun thyme khas Barat, ataupun kentang rempah India, kentang juga memiliki waktu bertahan yang cukup lama di luar ruangan dan di dalam kulkas. Hal inilah yang menjadikan kentang seakan penyelamat perut banyak orang di saat bahan pangan yang lain terbilang sulit.


2.Jamur

Jamur punya berbagai macam bentuk, ukuran dan rasa. Namun mereka punya satu kesamaan: Mudah, cepat dan lezat saat dimasak. Mau itu jamur kancing panggang Barat, tumis jamur Asia, hingga jamur goreng tepung kesukaan orang Indonesia, jamur sulit untuk tidak kami masukkan ke dalam daftar ini. Sifat jamur yang netral dan menyerap bumbu juga memberikan kesempatan untuk bumbu masakan agar muncul saat dinikmati.


3.Daun Jeruk

Jika ada satu rempah daun di Indonesia yang bisa membuat banyak makanan gurih terasa lebih nikmat adalah daun jeruk. Aromanya yang khas sitrus dan tipis membuatnya cocok untuk menjadi bahan aromatik untuk membuat aneka masakan Indonesia mulai dari yang pedas seperti ayam balado, yang berempah seperti gulai atau woku, hingga yang manis pun seperti semur Jawa. Daun jeruk juga bisa Anda gunakan untuk aroma saat mengukus ikan, membuat pepes, atau ke dalam teh bersama dengan serai.


4.Daging Sapi Iris

Daging sapi tentu banyak sekali bentuknya, bagiannya, hingga cara mengolah per bagian. Namun dalam kondisi seperti sekarang yang notabene ingin masakan beragam di rumah namun tetap cepat dan mudah, tidak perlu diragukan menyimpan daging sapi yang diiris bisa jadi cara mujarab. Karakter daging sapi iris yang tidak keras, cepat memasaknya, sangat menyerap bumbu, menjadi paduan yang semakin menguatkan agar Anda memiliki barang ini di kulkas. Mulai dari dipanggang cepat dengan teflon seperti daging khas Jepang dengan bumbu rendam sederhana, diiris dan ditumis sebagai bagian dari nasi goreng, hingga membuat sup sayur dengan isian daging ini. Kelembutannya juga cocok bagi anak-anak hingga manula.


PRODUK DAIRY


1. Butter

Untuk kami, rasanya kami berdosa besar kalau tidak menyimpan butter (mentega, bukan margarin) di dalam kulkas. Butter dapat membuat lezat segala hal yang ia sentuh. Mulai dari memberikan rasa gurih pada tumisan jamur, memperkaya rasa pada ayam panggang, membuat telur omelette jadi lebih lembut dan gurih, membuat tumisan nasi goreng jadi lebih kaya rasa, dan lain sebagainya. Rasanya sangat sulit untuk menemukan apa yang tidak dibuat lezat oleh benda ini.


2.Yogurt

Anda ingin setelah makan gorengan atau yang berminyak atau pedas mendinginkan perut sekaligus memastikan pencernaan Anda tetap terjaga walaupun Anda tidak banyak bergerak di masa karantina ini? Maka menyimpan yogurt di dalam kulkas bisa jadi opsi yang cocok. Yogurt bukan cuma bisa dinikmati begitu saja, namun bisa dipadu padankan dengan bahan-bahan lain sejauh kreativitas Anda. Mulai dari sereal, buah tropis, aneka berry, hingga kacang-kacangan bisa dipadukan dengan yogurt kental yang dingin.


3.Mayonnaise

Mayonnaise menurut kami adalah penyelamat bila rindu dengan camilan yang biasa kita nikmati saat mampir ke restoran dan cafe. Untuk mayonnaise, ada dua versi, yang Jepang (seperti merek Kewpie yang cenderung asam) dan yang Barat (seperti Hellmann’s Real Mayonnaise yang lebih manis). Apapun jenisnya, Anda bisa dengan bebas berkreasi dengan menggunakan mayonnaise.


Mulai dari sebagai bumbu masakan layaknya udang goreng mayonaise, atau pun sebagai cocolan. Cocolan pun bisa Anda kreasikan bila tidak ingin rasa polos. Ditambahkan saus tomat dan tabasco menjadi saus calypso, ditambahkan irisan bawang bombay dan acar menjadi saus tartar, ditambahkan perasan lemon dan madu maka akan sempurna bila diolesi di dalam sandwich atau dicocol dengan sayap ayam panggang atau goreng.


BAHAN MAKANAN BEKU


1.Frozen Berries

Untuk Anda yang punya uang berlebih (ya, penting ini di masa sekarang untuk diingatkan agar tidak belanja berlebihan) kami merekomendasikan untuk menyimpan frozen berries di kulkas. Campuran dari blackberry, raspberry dan blueberry ini sangat bisa dimanfaatkan untuk banyak makanan manis dan minuman. Anda ingin smoothies? Masukkan saja bahan ini ke dalam blender bersama yogurt atau susu full cream. Anda mau pancake yang lebih unik? Campurkan saja mereka ke dalam adonan pancake dan masak. Mau membuat selai rumahan yang lebih sehat dan terukur manisnya? Masak saja dengan gula atau madu hingga menyerupai selai. Mau dimakan begitu saja juga bisa dan tentunya sehat. Menjadi topping es krim dan kue juga sangat cocok.


2.Rendang Beku

Nah, ini dia yang tidak boleh terlewatkan. Rendang beku bagi kami seperti anugrah di masa-masa karantina seperti sekarang. Baiklah mari jujur, rendang bukanlah makanan yang mudah dibuat oleh siapapun, namun siapa pun menyukai rendang. Selain bisa dinikmati langsung dengan nasi hangat setelah di panaskan, rendang beku ini juga bisa Anda kreasikan untuk makanan lain seperti nasi goreng (dengan cara disuwir-suwir dan ditumis dengan nasi) atau menjadi isian dari perkedel atau kroket.


MAKANAN KERING DAN KALENG


1.Pasta

Selain aneka mi instan, pasta kering tentu jangan sampai dilupakan. Pasta datang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Namun untuk kondisi seperti ini, kami rasa menyimpan spaghetti menjadi yang paling relevan dalam hal porsi hingga harga. Sepertinya sudah tidak usah dijabarkan lebih lanjut ya seluwes apa kita dapat mengkreasikan spaghetti. Mulai dari aneka saus Italia yang segar, hingga sentuhan Indonesia seperti menambahkan sambal matah, tidak ada yang salah.


2.Tepung Bumbu Ayam Goreng

Ya, kami merekomendasikan ini untuk Anda. Tidak bisa menutup fakta bahwa masakan yang digoreng adalah masakan yang sangat mudah disukai orang, entah untuk mereka yang menikmati atau pun yang memasak. Tepung bumbu ayam goreng menjadi yang terdepan. Hal ini dikarenakan tepung bumbu sudah memiliki rasa gurih dan sedikit berempah yang kita sukai dari ayam tepung. Namun bukan cuma itu saja, penggunaannya yang bisa dimanfaatkan untuk bahan baku lain seperti tahu, filet ikan, udang, cumi, bahkan beberapa sayur bisa digoreng dengan baluran tepung bumbu.



BUMBU & SAUS


1. Bumbu Inti Siap Saji

Bagi Anda yang gemar masak masakan Indonesia, menyetok bumbu inti yang siap dimasak bisa menjadi rencana cerdas agar tidak perlu terlalu banyak menyimpan bahan baku bumbu yang bisa cepat basi. Tinggal menambahkan beberapa saja sesuai peruntukkan, maka dengan satu bumbu inti siap saji Anda sudah bisa berkreasi ragam makanan di rumah. Kami sarankan untuk menyimpan bumbu inti putih. Di mana setelahnya Anda bisa tambahkan sesuai selera bahan rempah lain seperti kunyit hingga cabai. Mulai dari tumisan, sup, gulai, bumbu baluran panggangan, tidak ada yang tidak bisa dimanfaatkan dari bumbu inti siap saji ini. Merek Kokita adalah salah satunya yang bisa ditemukan di supermarket.


2.Saus Tiram

Salah satu jenis makanan yang mudah dan bisa dibuat di rumah adalah hidangan tumisan. Teknik tumisan bisa diaplikasikan dengan berbagai bahan baku, mulai dari aneka protein hewani dari unggas, daging, hingga seafood, sampai juga aneka sayur. Untuk itu, ada satu bahan baku yang tidak boleh dilewatkan selain bawang putih, yaitu saus tiram. Saus yang punya rasa gurih manis legit ini sangat sempurna sebagai saus utama tumisan apapun. Yang kami rekomendasikan adalah merek Lee Kum Ke dikarenakan paduan rasanya cukup seimbang dengan harga yang tidak terlalu signifikan.


3.Bumbu Pasta Tom Yum

Kalau Anda belum pernah menyimpan bumbu pasta tom yum sebelumnya, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk Anda memulainya. Tom yum punya rasa khas yang memadukan unsur segar, pedas, gurih dan sedikit manis dalam makanan berkuah ini. Namun, dengan Anda memiliki bumbu pasta tom yum, maka tidak hanya masakan berkuah saja yang bisa Anda buat, tapi juga aneka tumisan hingga makanan yang dikukus atau dipanggang. Ikan kukus, tumisan sayur, seafood yang dipanggang, cocok dengan bumbu ini. Atau mungkin


Anda mau sedikit memberikan tendangan pada sup dan mie instan rebus? Beri satu sendok teh pasta ini untuk mengangkatnya ke level berbeda. Untuk menemukan bumbu ini, Anda bisa kunjungi supermarket yang menjual bahan makanan impor seperti Carrefour, Lotte, Hero, Foodhall, hingga Grand Lucky. Tips dari kami, biasanya yang mempunyai logo wajah ibu-ibu dan terlihat “jadul” umumnya lebih oke.


MINYAK


1.Truffle Oil

Salah satu cara mengobati kangen rasa makanan gourmet? Anda bisa menyediakan truffle oil di dalam pantry. Kegunaannya memang sangat versatile. Mulai dari memberikan aroma tambahan kepada puree kentang yang halus, menjadi pugasan akhir dari sebuah pasta bersaus krim, hingga memberikan aroma eksotik pada salad rumahan Anda. Namun, tidak semua truffle oil memiliki aroma yang bagus. Banyak dari mereka yang bahkan tidak memiliki aroma sama sekali. Untuk itu kami rekomendasikan membeli merek Geofoods, Sabatino Tartufi, atau bisa kalian coba testernya bila memungkinkan.


2.Minyak Kelapa

Menumis masakan Indonesia akan lebih mantap dengan menggunakan minyak kelapa alih-alih minyak sawit biasa. Minyak kelapa punya rasa gurih halus yang khas, serta sensasi creamy dan sedikit manis yang khas. Mulai dari menumis balado, membuat sambal, menumis bumbu halus, sangat cocok menggunakan minyak kelapa.


3.Minyak Wijen

Sebut saja, dari memarinasi ayam goreng, menumis sayur buncis, mengukus ikan, semua bisa dilakukan dengan minyak wijen. Aroma kacang dan tajam yang khas dari minyak wijen lah yang membuatnya menjadi salah satu bahan baku yang wajib ada di dalam dapur rumah. Aneka masakan Asia Timur bisa dikreasikan dengan menggunakan minyak wijen. Nasi goreng khas Tionghoa pun juga bisa tersaji.


SNACKS


1. Dark Chocolate

Tidak pernah ada yang salah dengan menyetok dark chocolate di rumah. Selain dikenal salah satu camilan yang cukup sehat untuk tubuh, dark chocolate sendiri bisa menjadi senjata Anda apabila ingin dengan cepat mengesankan orang rumah dengan dessert atau hidangan manis yang cepat dan tidak repot. Dengan melelehkan dark chocolate bersama mentega, lalu dicampur dengan telur, gula dan tepung, Anda sudah bisa menghasilkan brownies panggang. Dengan melelehkannya dengan susu panas, Anda sudah bisa menyajikan hot chocolate yang legit. Dengan melehkannya lalu dicampur dengan kuning serta putih telur yang dikocok lama bersama gula, Anda sudah bisa membuat mousse. Untuk merek coklat, Anda bisa memilih versi lokal seperti Pipiltin Cocoa atau Krakakoa, atau impor seperti Ghirardelli, Hershey atau Lindt.


2.Aneka Kerupuk

Tidak perlu dijelaskan lebih lanjut pentingnya menyajikan kerupuk di rumah. Posisinya sebagai pelengkap tidak bisa lepas dari lidah Indonesia yang gemar dengan aneka tekstur. Mulai dari kerupuk udang, kerupuk ikan, dan segala macamnya bisa Anda sediakan untuk melengkapi tiap santapan.


Semoga dengan rekomendasi bahan-bahan baku di atas Anda jadi tidak bingung lagi untuk memasak hidangan lainnya dan semakin memperlihatkan bakat memasak Anda dalam masa karantina.


43 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png