Seri Dokumenter 'Street Food:Asia' oleh Netflix Siap Dinikmati


Mbah Satinem penjual jajan pasar tradisional turut menjadi salah satu tokoh yang diangkat di seri dokumenter Street Food oleh Netflix | Food & Wine Magazine

Tepat di tanggal 26 April 2019 kemarin, seri dokumenter makanan yang berfokus pada kuliner jalanan (street food) resmi tayang di channel Netflix. Acara yang akan menayangkan sembilan legenda kuliner jalanan di Asia ini adalah buah kreasi dari David Gelb, sosok yang sama yang membesut seri dokumenter Chef’s Table. Chef’s Table sendiri telah menjadi salah satu seri dokumenter kuliner paling sukses di dunia sejak penayangan perdana di tahun 2015 dan mendapatkan banyak penghargaan bergengsi, termasuk nominasi di Primetime Emmy Awards.


Apabila Chef’s Table umumnya lebih berfokus kepada para chef yang avant-garde, kontemporer dan dengan kreatifitas yang seakan tanpa batas, seri Street Food memberikan sorotan untuk para pelaku kuliner street food yang telah menjadi pahlawan makanan lokal. Sembilan negara yang masuk ke dalam musim pertama seri ini adalah Thailand, Vietnam, Filipina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, India dan juga Indonesia.


Apabila dilihat dari momentumnya, seri dokumenter ini sangat menggambarkan fokus kuliner sekarang secara global: yakni kembali ke cita rasa lokal dan grass root. Banyak chef yang sebelumnya berpaku kepada genre high-end cuisine sekarang mendedikasikan dirinya untuk menggali lebih dalam inspirasi cita rasa dan bahan pangan lokal serta comfort food.


Episode pertama akan menayangkan Jay Fai, seorang penjual seafood noodles di jalanan kota Bangkok, Thailand, yang mendapatkan penghargaan satu bintang Michelin. Selain Jay Fai, di episode-episode berikutnya penonton bisa menikmati sajian cerita yang menyentuh hati serta menggelitik lidah dari para tokoh utama, salah satunya dari Mbah Lindu dan Mbah Satinem di Yogyakarta, Indonesia.

Oleh Top Tables.

48 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png