Rijsttafel,Buku Tentang Budaya Makan Kolonial

Updated: Feb 15

Kali ini, Top Tables ingin merekomendasikan buku yang wajib dibaca para food enthusiast, yaitu Rijsttafel: Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial, karya Fadly Rahman.



Di Indonesia sangat jarang Ada buku yang membahas kuliner namun dari sudut non-resep, apalagi sejarah. Namun seorang Fadly Rahman berani menampilkan topik non popular tersebut ke permukaan. Salah satu buku karangannya adalah Rijsttafel: Budaya Kuliner di Indonesia Masa Kolonial 1870-1942


Seperti namanya, buku Rijsttafel menunjukan tentang gaya penyajian makanan era kolonial yang pada masanya tergolong mewah dan hanya dapat ditemukan di hotel kelas atas seperti Savoy Homman di Bandung dan Hotel Des Indes di Jakarta (Batavia). Buku ini juga memperlihatkan bagaimana melalui proses rijsttafel, pertama kalinya nasi dan hidangan-hidangan daerah di Indonesia mulai disajikan bersama dengan penyajian gaya Barat.


Dengan membaca buku ini, Anda bisa memahami bagaimana sebuah budaya lain dapat mempengaruhi makanan sebuah negara, bahkan hingga ke cara mereka makan. Namun yang lebih seru lagi, Anda dapat mengintip dan mendapatkan gambaran bagaimana tata cara makan yang digemari di era Hindia-Belanda dan bagaimana Indonesia juga memiliki sebuah budaya haute cuisine yang unik.


Buku Rijsttafel dapat dibeli di seluruh toko buku Gramedia terdekat.

Oleh Top Tables

65 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png