Rem Darurat Jakarta, Bagaimana Nasib Tempat Makan?

PSBB Total kembali diberlakukan mulai 14 September, restoran dan tempat makan dipastikan tidak boleh menerima kunjungan tamu.


Oleh Top Tables


Pada hari Rabu tanggal 9 September 2020 pukul 19:30 waktu Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan dalam konferensi pers resmi bahwa mulai hari Senin, tanggal 14 September 2020, kota Jakarta akan diberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar Total (PSBB Total) sebagaimana yang pada kuartal pertama 2020 sempat diberlakukan sebelum hadirnya PSBB Transisi di pertengahan tahun.


PSBB Total sendiri sebagaimana kita ketahui sebelumnya membatasi secara maksimal beberapa pilar aktivitas seperti rumah ibadah raya, tempat hiburan, restoran dan kafe, kegiatan publik termasuk sekolah dan perkantoran. Setelah PSBB Transisi diberlakukan pada bulan Juli lalu, angin segar bagi restoran dan kafe yang ada di Ibukota mulai terasa dengan ditetapkannya protokol kesehatan yang harus diterapkan pelanggan dan juga pihak restoran. Namun, sepertinya aturan-aturan tersebut tidak cukup untuk menahan peningkatan angka Covid-19 di Jakarta, di mana menurut paparan Gubernur dalam dokumen yang berjudul Perkembangan Situasi Wabah Covid-19 DKI Jakarta yang secara resmi dikeluarkan pemerintah daerah, bahwa sejak Agustus hingga September awal trennya terus meningkat. Hal ini juga dipaparkan oleh Gubernur Anies secara langsung dalam acara Mata Najwa (09/09/2020).


Salah satu poin yang disampaikan oleh Gubernur adalah mengenai tempat makan seperti rumah makan, restoran dan café yang tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas makan di tempat (dine-in) namun masih diperbolehkan untuk melakukan delivery dan take-away. Top Tables mencoba menghubungi Bambang Ismadi selaku Director of Tourism Industry dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengenai detail untuk restoran dan kafe, namun yang bersangkutan juga masih belum dapat memberikan detail lebih jauh sebelum turunnya Pergub.


Namun yang sudah pasti adalah mulai hari Senin, 14 September 2020, tidak lagi diperbolehkan kunjungan ke restoran sampai waktu yang belum ditentukan. Pengetatan pun juga akan lebih dilakukan dengan kerjasama antara Polri dan TNI.

209 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png