Pelaspas Dharmawangsa Resmi Pindah.

Hub food and lifestyle ikonik di Kebayoran Baru, Pelaspas, pindah lokasi ke Jalan Nipah.


Oleh Top Tables


Ketika di tahun 2015 tiga sekawan Sebastian Subakti, Heru Kartowisastro dan Dito Kartowisastro memutuskan untuk memindahkan outlet Taco Local dari Panglima Polim ke Dharmawangsa, lalu ikut juga dua outlet Butfirst Coffeeshop dan healthy bar Snctry, lahirlah sebuah area berukuran 450m2 bernama Pelaspas.

Tidak menunggu waktu lama, Pelaspas mulai menarik tamu-tamu dari berbagai wilayah di Jakarta Selatan, hingga akhirnya menjadi magnet bagi wilayah Kebayoran Baru dan memantapkan posisinya sebagai salah satu spot destinasi makanan di Kota Jakarta. Pelaspas punya crowd yang datang dari berbagai latar belakang (umumnya industri kreatif) dan mayoritas anak muda. Hal inilah yang membuat Pelaspas unik, konsumen antar toko yang saling terintegrasi.


Namun tanggal 28 September 2020 adalah hari terakhir Pelaspas beroperasi di Dharmawangsa. Walau pun usianya baru lima tahun, tidak dipungkiri kalau compound ini telah melahirkan banyak nama-nama yang sekarang sudah tak asing lagi di telinga urban foodies. ColdMoo ice cream yang sekarang berlokasi di ruko Dharmawangsa Square berawal dari sini. Begitu juga Demie Bakmie, yang bisa dibilang mengawali gerakan neo-noodle untuk generasi Millenial dan Gen-Z.


"Kami memilih lokasi ini awalnya karena wilayah yang lebih lega dan asri dari outlet kami sebelumnya di Panglima Polim. Juga karena bentuk rumah yang menarik buatan Hadiprana," jelas Sebastian Subakti kepada Top Tables. Buat kalian yang ketika weekend sering melewati wilayah Dharmawangsa, pemandangan di depan Pelaspas pasti seperti ini: Anak muda bergerombol antre es krim, ada yang habis kenyang mengunyah taco, menyeruput bakmi, atau sekedar ngopi. Tapi tidak ada yang memungkiri, mereka yang datang ke Pelaspas selalu punya gaya.Outfit monochrome hingga color block; sepatu Nike J-Crew sampai model oxford; tote bag berpola abstrak sampai waistbag - membuat Pelaspas layaknya sepetak hub mode anak muda.


Walau pun harus pindah lokasi, Sebastian mengakui bahwa ia lebih excited dari pada sedih. Hal ini karena di gedung yang baru - yang sebetulnya tidak terlalu jauh dari lokasi awal - akan lebih banyak tenant yang ikut dan setiap mereka bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sehingga experience tamu datang jadi maksimal. "Kita justru lebih bersyukur karena bisa rancang sama-sama dari awal untuk akomodir kebutuhan teman-teman tenant," terang Sebastian. Memang usia Pelaspas Dharmawangsa baru lima tahun. Namun kehadirannya seakan jadi katalis munculnya banyak compound lainnya di Jakarta, seperti Shophaus di Menteng yang berdiri di 2016, Crumble Crew SCBD di 2017, serta Humble House Wijaya di 2020.


Pelaspas yang baru akan berlokasi di Jalan Nipah, di samping kantor Walikota Jakarta Selatan.

180 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png