Newly Opened: Kokuu Japanese

Jalan Senopati akhirnya memiliki restoran Jepang yang valid, Kokuu Japanese


Oleh Top Tables


Setelah cukup lama, akhirnya restoran Jepang yang memfokuskan diri dengan konsep omakase hadir lagi di Jakarta, tepatnya di jalan kecil yang terletak di antara Senopati dan SCBD yaitu Tulodong Bawah. Restoran ini bernama Kokuu.


Kokuu sendiri dikepalai oleh chef Tsutomo Abe yang selama enam tahun mengepalai restoran Nishiazabu Yukashi di lantai dasar pusat perbelanjaan Ratu Plaza, salah satu restoran yang tersembunyi namun digemari oleh expat Jepang yang berkantor di sekitar kawasan Senayan.


Konsep omakase sendiri sejak beberapa tahun lalu mulai kembali di kenal oleh warga di Jakarta dengan hadirnya Tatemukai di Grand Indonesia. Setelahnya, sejumlah restoran pun turut mencoba hal yang sama seperti Sake + di Senopati hingga Oku di Hotel Indonesia Kempinski. Lalu pada tahun 2018, jalan Cikajang juga kehadiran 71st Omakase yang lebih eksploratif dan tidak hanya terbatas pada makanan Jepang.


Di Kokuu, chef Abe bermain dengan lebih kreatif dan dituntut untuk menyajikan ragam hidangan yang memberikan kejutan cita rasa, sebagaimana esensi dari konsep omakase itu sendiri. Restoran yang berada satu gedung dengan Face Kitchen ini terletak di lantai dua, berhadapan langsung dengan D.Classic, sebuah bar destinasi para cocktail connoisseur Ibukota.

Salah satu bagian dari omakase, Yakimono dengan komponen ikan halibut hingga umbi burdock

Semenjak dibuka pada tanggal 22 Juni 2020, restoran ini harus jalan  dengan aturan baru yang dikeluarkan pemerintah kota untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Kapasitas restoran yang berjumlah 19 tempat duduk ini hanya dibuka untuk 9 hingga 10 tamu saja. Selain itu, konsep omakase yang lebih individual dan personal dalam menyantap hidangan juga cenderung lebih aman karena minimnya interaksi dengan orang lain kecuali chef itu sendiri.


Untuk bahan baku sendiri, Kokuu tidak setengah-setengah. Hampir seluruh bahan yang bukan sayuran diimpor langsung dari Jepang, sementara beberapa sayuran yang bisa didapat di Indonesia diambil dengan berpegang terhadap kualitas.


Chef Abe dan Ibu Jeanny, dua sosok di balik Kokuu Japanese

Sosok di balik Kokuu Omakase bukanlah orang baru dalam food and beverage di Jakarta. Ibu Jenny, sang operational manager, juga pernah punya andil dalam mengelola salah satu restoran ikonik di awal tahun 2000-an bernama Hazara di Jalan KH Wahid Hasyim, sebelum akhirnya pindah ke Shanghai untuk mengelola Hazara yang juga pernah buka di sana.


Untuk informasi lengkapnya mengenai restoran Kokuu, kamu bisa mengunjungi akun Instagramnya di @kokuujapanese

atau hubungi 08116262622


Kokuu Japanese

Jalan Tulodong Bawah, Senopati,

Jakarta Selatan (persis satu gedung dengan Face Kitchen)

303 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png