Foodie Year End Potluck di Modena Experience Center

Oleh Top Tables



Pada tanggal 19 Desember kemarin, gedung modern kontemporer Modena Experience Center yang berlokasi di distrik kuliner Senopati menjadi rumah bagi perayaan akhir tahun para food personality ibukota. Parkiran gedung berkaca tersebut ramai. Mobil menurunkan wajah-wajah yang tak asing lagi di industri makanan. Mulai dari celebrity chef, jurnalis boga, chocolate artisan, sommelier dan wine businessman, penulis buku makanan, professional chef, semua hadir dalam acara ini.


Lantai basement Modena Experience Center yang umumnya dapat digunakan sebagai lokasi untuk melakukan berbagai kegiatan kelas memasak pun disulap menjadi meja makan panjang yang berhiaskan ornament Natal serta tahun baru. Aroma sedap tak dapat terhindarkan. Makanan demi makanan datang, dimasak oleh para tamu untuk dinikmati oleh tamu lainnya. Tawa serta temu kangen semakin membuat semuanya semarak.


Malam itu, Top Tables berkolaborasi dengan Modena Indonesia ingin merayakan akhir tahun secara lebih privat dan intim. Retrospeksi terhadap hal yang terjadi di tahun ini menjadi topik utama. Pembelajaran serta prestasi yang keduanya berjalan erat. Dalam kesempatan ini kami pun menyempatkan diri untuk bertanya kepada beberapa personalities yang hadir mengenai apa highlight di tahun 2019 yang berkesan bagi mereka, serta bagaimana prediksi masing-masing akan kuliner di 2020.


DEBRYNA DEWI, Doctor & Bread Maker


Apa highlight di 2019 yang berhubungan dengan makanan untuk Anda?

Wah, banyak sekali ya. Tapi yang paling berkesan untuk saya adalah ketika saya berkesempatan untuk datang ke Pulau Kei. Saya melihat dan mengalami langsung penduduknya yang mencari makan dengan cara tradisional, seperti memanah ikan dan gurita, berburu bulu babi, menangkap kepiting, memetik daun-daunan, hingga dimasak dengan cara bakar batu layaknya nenek moyang. Betul-betul berkesan untuk saya!


Bagaimana kuliner di tahun 2020 menurut Anda?

Menurut saya, di 2020 kuliner pedesaan akan naik daun. Akan mulai banyak tur yang mengeksplor pelosok Indonesia untuk merasakan pengalaman dengan makanannya, yang berarti industry kuliner di daerah akan semakin kompetitif.


ARIMBI NIMPUNO, Chef & Lifestyle Guru


Apa highlight di 2019 yang berhubungan dengan makanan untuk Anda?

Asian-inspired food is everywhere, hingga ke negara-negara Barat. Menurut saya, akan menarik juga bagaimana banyak chef dengan kaliber Michelin star mulai melirik bahan baku masakan Indonesia dan mengaplikasikannya ke dalam masakan mereka. Karena satu hal yang tidak bisa mereka sangkal, yaitu makanan Indonesia kaya akan aroma, tekstur dan rasa.

Saya juga melihat semakin banyak chef Michelin yang “mengundurkan diri” dari kancah persaingan label bergengsi ini. Akan banyak dari mereka yang justru kembali focus ke akar – entah itu keluarga atau refleksi diri.


Bagaimana kuliner di tahun 2020 menurut Anda?

Mulai banyak pelaku industry makanan yang sepertinya akan giat mencari solusi untuk sustainable food, dengan pertimbangan semakin modern dan semakin maju ilmu pengetahuan, maka akan semakin memungkinan untuk menemukan pangan alternative. Plany based juga akan semakin dilirik bersamaan dengan budaya sehat Asia.


RON PRASANTO, Chef Consultant


Apa highlight di 2019 yang berhubungan dengan makanan untuk Anda?

Momen yang paling berkesan untuk saya di 2019 itu mendapatkan kesempatan pergi ke London, Frankfurt dan Hang Zhou untuk mempromosikan kopi dan cokelat Indonesia.


Bagaimana kuliner di tahun 2020 menurut Anda?

2020 akan semakin menarik. Kemajuan teknologi menurut saya akan sangat mempengaruhi industry makanan dan minuman, namun bersamaan dengan itu juga akan semakin dibutuhkan pelayanan serta hospitality yang baik yang tidak akan bisa tergantikan oleh teknologi.


TRIA NURAGUSTINA, Jurnalis Boga


Apa highlight di 2019 yang berhubungan dengan makanan untuk Anda?

Jakarta Dessert Week sebagai projek indie pertama saya, memperlihatkan kekuatan komunitas dalam menyuarakan sebuah isu. Dalam hal ini, menggairahkan pasaran gourmet desserts di Jakarta dan memberi ruang kreatif untuk seniman pastry.


Bagaimana kuliner di tahun 2020 menurut Anda?

Social media akan memerdekanan komunitas mikro, terutama untuk mereka yang berkampanye misi pangan sehat dan subjek-subjek non populer lainnya.


TISSA AUNILA, Owner of Pipiltin Cocoa


Apa highlight di 2019 yang berhubungan dengan makanan untuk Anda?

Tahun 2019 adalah tahun yang special buat saya dan Pipiltin karena kami meluncurkan cokelat Ransiki dari Papua Barat. Selain rasanya yang memang enak, cerita di balik itu sangat dekat dengan hati saya. Dengan peluncuran cokelat Ransiki, komunitas petani di sana jadi hidup kembali, dan membantu melidungi hutan yang mengelilingi pegunungan Arfak, karena kebun cokelatnya ada di buffer zone hutan tersebut.


Bagaimana kuliner di tahun 2020 menurut Anda?

Food industry di 2020 akan ditandai dengan kompetisi yang semakin keras, karena banyaknya bisnis kuliner yang buka pada tahun 2019. Natural competition akan berlaku, dan hanya bisnis yang memiliki keunikan dan daya jual yang tinggi yang dapat bertahan. Sementara itu bisnis kuliner nusantara akan terus bersaing untuk "bercerita" tentang Indonesia.


YUDA BUSTARA, Celebrity chef


Apa highlight di 2019 yang berhubungan dengan makanan untuk Anda?

Wah 2019 ini banyak sekali yang seru. Salah satunya bisa tercapai untuk membuat dapur baru impian, new cooking show di Asian Food Network dan ada lagi beberapa hal yang bikin saya terkejut dan tidak pernah disangka.


Bagaimana kuliner di tahun 2020 menurut Anda?

Industri makanan di Indonesia 2020? Hmm, menurut saya akan kembali ke soul food atau everyday food yang dikemas dengan branding yang lebih kekinian, serta dijual dengan harga terjangkau. Lalu dikarenakan akses membeli makanan semakin mudah, orang akan semakin menjadi lebih kritis dalam memilih makanan

Artikel ini adalah hasil kerjasama Top Tables dengan Modena Indonesia.

Lokasi: Modena Experience Center, Jalan Suryo No. 22

27 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png