Acta Brasserie: Restoran Baru Biko Group untuk Segala Suasana

Oleh Sharima Umaya

2019 nampaknya menjadi tahun di mana pengusaha restoran semakin menyadari pentingnya memikirkan pengalaman secara menyeluruh dalam bersantap karena cita rasa yang lezat saja tidak cukup. Biko Group, salah satu grup restoran yang terkenal dengan portfolio ragam konsep pun mengepakkan sayap di dekade baru dengan membuka tak hanya satu, bahkan dua konsep terbarunya di bilangan The Maj, Senayan. Tak lama setelah dibukanya Blackpond Tavern, bar yang mengusung interior kabin kayu khas Amerika di tahun 1950-an, Acta Brasserie, restoran terbaru Biko Group berdiri menempati posisi di samping Blackpond Tavern.

Interior Acta Brasserie | Sharima Umaya

Top Tables pun diberikan kesempatan untuk menjadi salah satu yang pertama mencoba Acta Brasserie. Menginjakkan kaki di restoran ini membuat Anda seolah-olah bertransportasi ke sebuah summer house di wilayah barat Amerika Serikat atau Australia – dikelilingi dengan pepohonan dan padang rumput yang rindang, jendela yang luas dengan sinar matahari yang menerangi restoran dengan lembut yang semakin menonjolkan perabotan dan furnitur yang dipilih dengan seksama, ditambah lagi munculnya angsa yang menjadi kejutan manis di tengah bersantap.


Dikepalai oleh Chef Rui Yamagishi, sosok di balik hidangan spektakuler di Musubi Bali serta Chef Nabila Yoestino, sosok di balik dessert-dessert restoran yang dimiliki Biko Group dan alumni dari “dessert wizard” Will Goldfarb, duet ini menawarkan ragam hidangan mulai dari Western hingga Asian. Untuk hidangan pembuka, Anda dapat mencoba Salmon Ikura Taco serta Fried Brussel sprout. Permainan tekstur dan berbagai spektrum rasa di kedua hidangan tersebut memberikan kesan pertama yang manis bagi tim Top Tables. Di hidangan Fried Brussel sprout, misalnya, siapa yang menyangka perpaduan brussel sprout yang digoreng dengan tekstur renyah yang pas, dengan kejutan rasa dari elemen-elemen seperti feta cheese, pomegranate, dan balsamic vinegar dapat menjadi suapan yang berhasil menyunggingkan senyum?


Fried Brussel Sprout | Sharima Umaya

Hal menarik yang kami tangkap dari menu yang disusun oleh Acta Brasserie adalah banyaknya pilihan menu simpel yang dapat dinikmati segala usia – seperti pada main course, yakni Penne Bolognaise dan Chicken Cordon Bleu. Penguasaan teknik memasak yang baik dapat dinilai dari eksekusi hidangan sederhana. Seperti pada menu Penne Bolognaise, tekstur pasta dan racikan saus bolognaise menentukan lezatnya hidangan tersebut. Sedangkan pada Chicken Cordon Bleu, tekstur dada ayam yang juicy harus dicapai untuk menciptakan Chicken Cordon Bleu yang sempurna; dalam kedua menu ini, Acta Brasserie berhasil dalam mengeksekusi hidangan sederhana dan menjadikannya menakjubkan.


Siapkan perut Anda untuk hidangan pencuci mulut. Acta Brasserie memiliki berbagai pilihan dessert yang dibagi dua: dessert dan berbagai pilihan kakigori. Mango Yakult Mousse dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan pencuci mulut yang segar dan cerah. Mangga yang manis dalam bentuk mousse, di hidangan ini, berpadu dengan yakult, yang bertransformasi menjadi bentuk jelly. Dessert lain yang direkomendasikan adalah Yuzu Honey Kakigori. Kakigori memang terkesan mudah, akan tetapi asamnya yuzu dengan manisnya madu menjadikan es serut khas Jepang ini sangat nikmat.


Yuzu & Honet Kakigori | Sharima Umaya

Acta Brasserie sangat cocok untuk dikunjungi baik dengan keluarga untuk makan di hari Minggu siang, teman untuk menikmati beragam pilihan wine dan cocktail setelah pulang kantor, ataupun pasangan untuk dinner sambil mengobrol santai. Acta Brasserie dapat diakses di pintu masuk yang berada di seberang GBK Arena.


ACTA BRASSERIE

The MAJ Senayan, Pintu IX (di sisi GBK Arena), Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan.


Jam Buka:

Mon – Fri: 10 AM – 01 AM

Sat – Sun: 09 AM – 01 AM


Detail Restoran:

Cocok untuk membawa keluarga di saat makan siang dan makan malam. Memiliki ruangan terpisah untuk smoking dan non-smoking. Memiliki outdoor area.


Kontak:

@acta_brasserie

Sharima Umaya adalah contributing editor dari Top Tables.

177 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png