6 Books For Food Entrepreneurs

Updated: Apr 20, 2019

Enam buku pilihan Top Tables untuk para food entrepreneurs: mulai dari pemilik restoran hingga pelaku bisnis makanan artisan.



Walaupun kontribusi industri kuliner terhadap ekonomi kreatif Indonesia merupakan yang paling tinggi - dengan jumlah 41,4% di tahun 2016 - buku yang berhubungan dengan bisnis makanan sebagai sumber inspirasi dan pengetahuan masih sangat kurang, apalagi buku lokal masih didominasi oleh genre resep. Berikut ini, Top Tables merangkum enam buku yang bisa menjadi inspirasi aspire atau current food entrepreneur untuk mengembangkan usaha ataupun sekedar menjadi food for thought yang memperkaya wawasan.


1. Good Food, Great Business: How to Take Your Artisan Food Idea from Concept to Marketplace


Good Food Great Business | Amazon

Untuk kalian yang ingin memulai usaha makanan dari rumah - entah itu kue, selai, sambal, aneka saus ataupun produk artisan lainnya - maka buku ini cocok untuk dibaca. Susie Wyshak yang merupakan penggiat bisnis rumahan dengan latar belakang analis pun menjabarkan bagaimana bisnis makanan rumahan bisa dimulai. Mulai dari menajamkan ide, merancang perencanaan bisnis, promosi dan marketing, hingga membuat produk makanan yang dirancang masuk ke pasar yang tepat dapat ditemukan di dalam buku yang ditulis dengan gaya penulisan ringan ini.


Penulis: Susie Wyshak

Penerbit: Chronicle Books

Tahun Terbit: 2014



2. The Art of The Restaurateur


The Art of The Restaurateur | Phaidon

Sebagai mantan pengusaha restoran (restaurateur) dan food critic untuk koran Financial Times, Nicholas Lander menulis buku yang wajib untuk dibaca oleh mereka yang ingin memulai usaha restoran ataupun bagi yang sedang menjalaninya. Di dalam buku ini, para pengusaha restoran kelas atas di Amerika Serikat membagikan cerita jatuh dan bangunnya bisnis mereka: dari Danny Meyer sebagai “Raja Restoran Manhattan”; Drew Nieporent yang membangun kerajaan restoran sushi pilihan Hollywood, Nobu; hingga Maguy LeCoze, wanita yang berhasil membangun restoran Le Bernardin menjadi gourmet destination sepeninggal kakaknya, Gilbert LeCoze.


Penulis: Nicholas Lander

Penerbit: Phaidon

Tahun Terbit: 2012



3. Front of The House: Restaurant Manners, Misbehaviours & Secrets


Front of The House | Book Depository

Restoran dibagi menjadi dua sisi: front of the house (service) dan back of the house (kitchen). Ditulis dengan gaya yang penuh humor serta kasual, buku Front of The House sangat cocok untuk dibaca oleh mereka yang ingin masuk ke dalam industri restoran dan cafe atau untuk mereka yang ingin meningkatkan fokus terhadap pelayanan di dalam restoran. Buku ini berisi fakta-fakta unik yang terjadi di banyak restoran ternama di Amerika yang berkaitan dengan bagian service dan juga hal-hal yang perlu diketahui apabila ingin meningkatkan standar pelayanan di tempat Anda: seperti etika berbicara dengan tamu, ilmu menghafal pesanan yang aneh dan beragam, memahami esensi dari sebuah pelayanan, bagaimana mengetahui cara menangani food expert, hingga merespon kritikan dengan jitu.


Penulis: Jeff Benjamin

Penerbit: Burgess Lea Press

Tahun Terbit: 2015



4.The Art of Natural Cheesemaking: Using Traditional, Non-Industrial Methods and Raw Ingredients to Make the World's Best Cheeses


The Art of Natural Cheesemaking | Amazon

Gerakan produk artisan sekarang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, salah satunya keju lokal. Untuk Anda yang tertarik dengan seni membuat keju atau ingin memulai usaha keju dengan memanfaatkan susu lokal, buku ini bisa menjadi panduan. Bila biasanya gaya penulisan ditulis dengan pendekatan akademik, The Art of Natural Cheesemaking bersifat lebih santai namun terarah. Mulai dari pemilihan jenis susu, mengenal temperatur udara, hingga beberapa resep membuat keju rumahan beserta pengenalan akan elemen-elemen dasar yang bisa diaplikasikan di tempat Anda.


Penulis: David Asher

Penerbit: Chelsea Green Publishing

Tahun Terbit: 2015



5.The Restaurant Manager’s Handbook: 4th Edition


The Restaurant Manager's Handbook | Amazon

Sebagai pemilik restoran dan cafe, tentu secara tidak langsung Anda adalah manager utama dari bisnis Anda. Untuk itu penting sekali pemilik restoran mengetahui hal-hal yang harus diketahui seorang restaurant manager: mulai dari cara recruitment dan pengembangan personil; seamless workflow antara dapur dan service; prosedur pengelolaan restoran; hingga melakukan pengembangan usaha layaknya franchising dan perhitungan pembukaan cabang yang melibatkan partner atau investor.


Penulis: Douglas Robert Brown

Penerbit: Atlantic Publishing

Tahun Terbit: 2007


6.CrEATivity: Delectable Culinary Branding


CrEATivity | Basheer Graphics


Sekarang ini branding tidak bisa dipandang sebelah mata sebagai salah satu faktor penentu suksesnya sebuah bisnis makanan. Dengan meningkatnya minat kaum muda terhadap dunia visual, restoran, cafe serta usaha makanan lain sangat memerlukan branding sebagai salah satu daya tarik dan cara mengkomunikasikan identitas sebuah produk kepada masyarakat. Di dalam buku ini, pembaca bisa mengambil inspirasi dari bagaimana 47 desainer dan firma desain membuat visual yang menarik untuk bukan hanya restoran saja namun hingga ke elemen terkecil seperti menu, packaging, meja, hingga label di sebuah box takeaway.


Penulis:Louis Mista

Penerbit: Gingko Press

Tahun Terbit: 2017

Oleh Top Tables

87 views
  • White Facebook Icon

FOOD

PEOPLE

CULTURE

Top Tables adalah media digital di Indonesia dengan makanan sebagai fokus utama. 

2019 Top Tables

All rights reserved.

In partnership with

Geometry-Logo-White.png